Pertanyaan yang sering muncul ketika hendak menulis adalah, "apa kalimat pertama yang akan saya tulis?". Menulis itu mudah, tapi bagi yang biasa menulis, tapi bagi orang yang jarang menulis, menulis itu merupakan momok berat dan terasa akan susah sekali untuk dilakukan. Sebenarnya yang susah itu bukan menulisnya, tapi merangkai kata-kata pertama yang akan kita tulis. Hal yang sama juga saya alami. Hampir tiap hari dapat ide untuk menulis, tapi ketika sudah di depan laptop dan hendak memulai, ide tadi buyar hanya karena tidak tau kalimat pertama apa yang harus saya buat.

"Ilustrasi Awal Menulis"
Tapi dengan berjalannya waktu, saya menemukan tips menulis yang mudah. apa itu? berikut saya akan berbagi tips dan trik untuk menulis, meskipun saya juga bukan penulis yang baik. hehe,.. berikut tips dan trik yang saya lakukan :
  1. Niat ; untuk menulis, yang pertama dan wajib kita punyai adalah niat untuk menulis. Bagaimana kita bisa menulis kalau niat saja tidak punya. Kuatkan niat untuk menulis, dengan demikian, kita siap memulai menuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran kita.
  2. Motivasi ; nah yang kedua ini adalah apa yang memotivasi kita untuk menulis. Ya yang namanya motivasi mah bebas, mau apa saja ya terserah kita. Bisa saja kita menulis untuk berbagi ilmu, atau ingin terkenal, ingin punya penghasilan, ingin diakui orang, ingin ini ingin itu, ya bebas, terserah mau apa, yang penting harus punya motivasi untuk apa kita menulis. Apa lagi yang sedang mengerjakan tugas akhir seperti para pejuang KTI, skripsi, ataupun tesis, motivasi yang harus dimiliki untuk menulis ya biar cepat tamat. 
  3. Pengetahuan dan kemampuan ; biar kita menulisnya enak, kita harus punya pengetahuan dan kemampuan untuk menulis. Punya pengetahuan dan kemampuan bukan berarti kita harus sekolah tinggi-tinggi, sampai S3, atau kalau ada S4, S5, S6,..hahaha.. ya bukan itu maksudnya. Pengetahuan dan kemampuan itu berkah tiap orang. Tiap orang punya pengetahuan dan kemampuan yang berbeda-beda yang biasanya didapat dari proses kehidupan. Petani punya pengetahuan tentang cara bertani, pedagang punya pengetahuan berdagang, mahasiswa punya pengetahuan tentang jurusan yang diambilnya, dan lain sebagainya. Jadi jangan pernah merasa saya mah tidak punya pendidikan tinggi, jadi tidak bisa menulis, lah itu pendapat yang salah. Malah menurut hasil statistik tulisan saya, hal-hal yang saya tulis tentang pengalaman, itu jumlah kunjungannya bisa melebihi 10 ribu kali kunjungan dibandingkan tentang teori pelajaran. 
  4. Awali dari yang tau ; Nah ini cara yang sering saya lakukan untuk menulis. Mengawali dari yang saya tau dulu, masalah nyambung atau tidak, itu urusan kedua, yang pertama adalah tulis saja dulu apa yang ada dalam kepala. Dengan menulis dari yang kita tau, nanti akan nyambung sendiri urutan kalimat dalam tulisan tersebut. Atau dengan kata lain, menulis itu tidak harus dari depan, dari tengah, bahkan dari ujung pun tak masalah.
  5. Terus berlatih ; Nah tips yang terakhir ini yang paling penting, lakukan terus dan terus. Ada pepatah yang mengatakan, ala bisa, karena terbiasa. Jadi gimana mau lancar kalau tidak membiasakan menulis.
Itulah tips dan trik untuk menulis. Jadi hayoo kawan-kawan yang sedang bingung menulis itu bagaimana, jangan khawatir, menulis itu mengasikkan. Mudah-mudahan tips dan trik tesebut bisa membantu kawan-kawan yang sedang menulis, terutama para pejuang tugas akhir. 

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

Translate

Popular Posts