Apa arti seorang ayah bagi mu? kalau bagi saya,. sosok seorang ayah atau biasa saya panggil aba, adalah seorang pemimpin, super hero, panutan, dan bisa dibilang segalanya bagi kami sekeluarga. Sebagai seorang kepala keluarga, sosok ini amat sangat bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada diri kami semua. Kami bisa seperti sekarang ini berkat usaha keras dari sosok yang kami panggil aba. Beliau bukan hanya mendidik kami dengan ilmu pengetahuan umum dan masyarakat, tapi ilmu agama yang beliau ajarkan kepada kami juga sangat banyak. Disela makan bersama, baik sarapan, makan siang, dan lebih-lebih makan malam, nasehat kecil selalu keluar dari mulutnya, dan itu saya rasa masih jarang terjadi dalam keluarga-keluarga lain. 

Mungkin ini resep sukses yang aba terapkan dalam rumah tangganya, komunikasi. Aba selalu bercerita kepada kami tiap masalah yang dihadapinya. Aba tidak malu meminta saran dari kami tiap kesulitan yang dihadapinya. Entah kapan dimulainya, tapi setahu saya, dari kecil dulu, jika kami semua ada di rumah, selalu ada waktu untuk makan bersama, baik sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam. Pagi-pagi aba selalu berisik nyuruh sarapan. Saya ingat waktu masih SD dulu, aba selalu marah jika saya tidak sarapan bersama. Selain itu, jika ada di rumah, dan tiba waktu makan siang atau malam, aba selalu manggil kami semua untuk makan bersama saat-saat seperti itulah selalu ada nasehat yang keluar dari mulut beliau. Sekarang ini, sarapan pagi dan makan malam yang hanya bisa kami lakukan bersama, tapi kalau makan siang sudah jarang bersama, kecuali hari jumat dan minggu. Sebab ketika jam makan siang, kami semua tidak berada di rumah. Sehingga tak ayal waktu makan malam kami menjadi sangat lama. Makannya memang sebentar, paling juga 30 menit, tapi ceritanya itu yang bisa-bisa sampai 3 jam. Bukan hanya cerita masalah, tapi selalu ada cerita hikmah di dalamnya. 

Aba selalu mengajarkan kepada kami untuk selalu berusaha keras, belajar dengan rajin, dan tidak pantang menyerah terhadap keadaan, dan yang paling penting selalu berkata jangan takut masalah rezeki, selama tujuannya baik, selalu ada jalan keluarnya.  "Semasih tujuannya baik, Selalu ada jalan keluarnya",. selalu dan selalu itu yang diucapkan oleh aba ketika ada masalah. Kerja sama aba dan mak pun saya nilai luar biasa. Kepedulian dan kesabaran beliau amat sangat besar terhadap kami. Mereka rela mengorbankan apa saja demi kami semua. Bagi mereka sebuah investasi bukan berupa harta, tapi berupa pendidikan anak. Mereka tidak peduli dengan berapa banyak kendaraan yang dimiliki, berapa banyak tanah yang dimiliki, berapa banyak emas dan berlian yang dimiliki, berapa banyak tabungan dimiliki, tapi bagi mereka seberapa jauh mereka bisa menyekolahkan kami semua. Kelak suatu saat, jika Allah memberikan saya kesempatan menjadi kepala rumah tangga dan diamanahkan kepada saya anak-anak, saya akan mencontohkan apa yang aba lakukan kepada kami. 

Terima kasih aba atas bimbingan kami semua,. kami tidak mungkin bisa menghitung berapa banyak pengorbanan yang aba dan mak berikan kepada kami, kami pun tidak mungkin bisa membalas satu persatu kebaikan yang aba dan mak berikan kepada kami, kami hanya bisa berdoa agar selalu diberikan kesehatan, panjang umur, sehat lahir dan batin, dan dijadikan aba dan mak keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah, dan maghfiroh dan selalu dilindungi olah Allah dalam tiap amal dan perbuatannya dan kami selalu berusaha semampu kami untuk menjadi yang terbaik buat aba dan mak, menjaga nama baik aba dan mak, memberikan yang terbaik, serta menjadi anak yang baik buat kalian berdua. aba, mak,. kami sayang kalian berdua. You are may everything for us,. 

Hari ini adalah hari ayah nasional, bagi kami memang tidak ada hari yang spesial yang hanya diperingati satu hari saja, tiap hari adalah hari ayah dan ibu,. tapi berhubung momennya nasional seperti ini, sedikit saya ceritakan arti seorang ayah bagi saya. itu hanya segelintir cerita tentang ayah dari saya, Selamat Hari Ayah..
Bagaimana dengan kalian,,.. apa arti seorang ayah bagi kalian? 





2 comments:

Blog Archive

Powered by Blogger.

Translate

Popular Posts